Tips bagi Siswa dalam Ujian Nasional mata pelajaran Sosiologi

siap....yak
Salah satu mata pelajaran yang harus diikuti siswa IPS kelas XII SMA dalam ujian nasional tahun ini adalah Sosiologi. Sosiologi bagi beberapa siswa diharapkan menjadi salah satu mata pelajaran yang dapat mendongkrak nilai, bukan sebagai penghambat. Untuk itu, berbagai upaya harus dilakukan secara optimal agar nilai sosiologi dapat menjadi baik.

umumnya ada beberapa cara agar siswa dapat siap dalam menghadapi ujian Nasioal, antara lain :
1. Kenali SKL mata Pelajaran sosiologi
Di SKL inilah, kentara bahan-bahan yang akan diujikan. Kadangkala siswa saking "stress" atau "bingung" dengan ujian yang akan dihadapi, maka ia hanya fokus pada membaca materi, dan latihan soal, tapi tidak melihat SKL. Hal ini berakibat, kadangkala materi yang dipelajari tidak sesuai dengan SKL yang ditentukan.
2. Rangkuman Materi Kelas X, XI danXII
Salah satu hal yang paling penting dalam persiapan ujian, adalah mempunyai rangkuman materi kelas X, XI dan XII sesuai SKL  yang telah ditentukan. Beberapa siswa, kadangkala hanya mengandalkan latihan soal tapi tidak punya materi, sebagian lagi ia punya materi tapi hanya sebagian saja. Maka perlu adanya rangkuman materi kelas X, XI dan XII.
3. Miliki Bank Soal UAN
Satu hal lainnya yang sangat penting adalah memiliki Bank soal UAN yang tepat. Kalau dicermati soal-soal UAN yang ada, selalu terjadi perubahan pola dan bentuk soal. Dengan mempunyai progres soal dari satu tahun ke tahun lainnya, maka akan lebih mengenal pola atau bentuk soal yang diprediksi akan keluar.
4. Tahu "Keyword" dari masing-masing soal
Keyword soal adalah salah satu jalan paling cepat menjawab soal. Dengan keyword, maka siswa lebih muda menjawab soal. Masing-masing materi punya penetapan "keyword" yang berbeda-beda. Namun siswa harus tahu keyword yang sesuai.
5. Berlatih mengerjakan soal terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar