Soal Online dengan QuestBase

Pertanyaan awal dalam pikiranku tentang soal online adalah : Bagaimana membuat soal online dimasukkan ke dalam blog? Bagaimana supaya jawaban dari para penjawabnya dapat langsung masuk ke emaile atau database khusus?. Pertanyaan itu terus mengiang dalam telinga dan pikiranku, sehingga mau tidak mau aku berusaha menjawabnya.

Seperti biasa aku mulai browsing dari satu blog ke blog lain, dari satu website ke website lain. Ada beberapa alternatif atau pilihan cara supaya aku dapat masukkan soal online ke dalam blog. Setelah buka ini dan buka itu, maka aku temukan beberapa cara untuk memasang soal online ke dalam blog.

Cara pertama adalah membuat soal dahulu dari sofware khusus yang menyediakan media memasangkan ke dalam blog. Dasar pandangan ini aku temukan, setelah ada beberapa tulisan para bloger yang menyajikan informasi bahwa membuat soal online dapat dilakukan dengan mendownload free software yang ada, seperti wondershare ataupun hot potatoes, atau kalau pengen lebih komplit lagi membuat dengan adobe flash. 

Keingintahuanku mendorongku mulai menggeluti free software itu, banyak hal-hal menarik dari pencarianku itu. Namun, karena keterbatasan pengetahuanku tentang software, HTML dan Jaringan maka aku kesulitan untuk menaruh soal yang aku buat ke blog. Di moment sini pencarian awalku terhenti.

Cara berikutnya adalah cara yang menurut pandangan beberapa bloger bahwa membuat soal online dapat dilakukan dengan masuk ke dalam website gratisan yang menyediakan fasilitas membuat soal online. Aku mulai bersemangat maencarinya, dan aku temukan juga. Beberapa free website yang menyediakan sarana ini. Namun aku sulit sekali memindahkan script yang ada di web itu untuk dimasukkan ke dalam blog.

Namun, setelah berlama-lam mencarinya akhirnya aku temukan juga website gratisan yang paling tepat. Setelah berbulan-bulan mencari akhirnya aku dapat jawabannya. Setelah aku temukan free website pembut soal online QuestBase. Di sini, aku bisa membuat berbagai jenis soal, mudah dimasukkan ke dalam blog, dan juga berbagai fasilitas yang awalnya hanya ada dalam bayanganku, semuanya tersedia di sini.

Banyak fasilitas tambahan yang membuat soal online kita kelihatan keren, seperti : password masuk, accest masuk, hasil dapat dilihat langsung masuk ke database kita, soal dan jawaban dibuat acak, pembatasan waktu pengerjaan, pembatasan hari pengerjaan, dan beberapa fasilitas lain. Untuk sisi website gratisan, ini cukup membantu kita para guru yang awam berteknologi, tapi ingin mencoba buat soal online di blog.

Maka bagi rekan-rekan terutama para guru yang kesulitan mencari cara membuat soal online yang bisa dimasukkan ke dalam blog, sekaligus jawaban beserta analisanya dapat masuk ke database, cobalah free website pembut soal online QuestBase. Aku jamin, kesulitan dan pertanyaan yang dulu pernah aku punya, dapat terjawab dengan tepat.
Semoga berguna.


2 komentar: