Pembelajaran berbasis Blog di sekolah



Perkembangan dunia dewasa ini sarat dengan kemajuan teknologi yang luar biasa. Media massa terutama internet sudah sangat menyebar kemana-mana, baik perkotaan maupun pedesaan. Berbagai informasi dunia seakan tanpa batas, suatu fakta atau fenomena bisa dibaca, dilihat dan disaksikan dari mana saja. Jika kita ingin mencari informasi apapun dari informasi yang bernuansa keilmuan, gosip, keuangan, olah raga, mode dan informasi-informasi lain, tinggal “klik” saja di internet, maka kita akan dapatkan itu.

Kemajuan teknologi informasi terutama internet yang luar biasa ini, telah berpengaruh ke semua aspek kehidupan masyarakat, termasuk pembelajaran di sekolah. Terlepas dari pro dan kontra dampak penggunaan internet, sekolah sebagai salah satu lingkungan pendidikan formal sepatutnya mampu memanfaatkan teknologi untuk mempercepat tercapainya tujuan pendidikan. Seperti banyak pakar pendidikan berpendapat, media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran dapat mempercepat tercapainya tujuan pendidikan.

Menilik dari konsep di atas maka banyak unsur dari internet yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, salah satunya media blog. Ada beberapa keuntungan blog bagi pembelajaran di Sekolah, antara lain :
1.      Sarana informasi materi, tugas, hasil penilaian maupun hal lain yang berkaitan dengan pembelajaran.
Pada zaman dahulu, semua informasi pembelajaran harus disampaikan diruang kelas, harus bertemu dengan bapak/ibu guru. Namun di zaman globalisasi seperti sekarang ini, semua informasi tidak harus  diberikan di kelas. Blog dapat mewakili wadah informasi tersebut. Materi yang disiapkan tinggal di download saja. Sudah tidak zamannya, murid duduk diam dan mencatat apa yang disampaikan guru.
2.      Ulangan dengan sistem on-line.
Dengan blog pula, ulangan dapat dilakukan dengan sistem online. Banyak website  seperti QuestBase, yang menyediakan sarana pembuatan soal dan menyimpan jawaban langsung ke database guru. Sehingga guru tidak dipusingkan lagi koreksian (terutama soal multiple choice ).
3.      Sarana pemajangan karya siswa
Salah satu bentuk apresiasi guru terhadap  kinerja siswa adalah menampilkan karya itu ke dalam media tertentu. Blog dapat menjadi sarana memenuhi kebutuhan ini. Tugas siswa berupa karya tulis, powerpoint, foto, maupun video dapat ditampilkan dalam blog yang dimiliki guru.
4.      Sarana pengembangan kreativitas dan imajinatif
Di blog juga sarana mengembangkan kreatifitas dan imajinasi baik siswa maupun guru. Guru ditantang untuk mampu membuat blog yang kreatif, sehingga ia harus terus berfikir dan belajar terus mengembangkan diri dan hasil karyanya.
5.      Sarana menyampaikan ide atau gagasan
Salah satu keunggulan lain dari blog adalah sarana menyampaiakan ide atau gagasan. Bagi guru yang suka menulis, blog dapat menjadi sarana mengekspresikan ide/gagasannya. Bagi murid, blog dapat diberi tempat untuk berkomentar atau forum khusus digunakan murid untuk menyampaikan masukan, saran, ide ataupun gagasan lainnya.


Namun, ketercapaian pembelajaran berbasis blog harus memenuhi beberapa persyaratan, yakni :
1.      Tersedianya fasilitas di sekolah
Sekolah mampu menyediakan sarana dan fasilitas yang mendukung bagi pengadaan wi fi  atau teknologi internet di sekolah. Hal ini menuntut kemauan dan upaya dari semua elemen sekolah mendukung ketersediaan sarana dan prasarana.
2.      Kemauan dan kemampuan guru
Hal lain  yang tak kalah pentingnya adalah adanya kemauan dan kemampuan guru tentang blog. Guru harus mau belajar tentang blog, dan berupaya meningkatkan kemauan belajarnya. Guru merelakan meluangkan biaya, waktu dan pemikiran untuk mengetahui dan memahami tentang blog.
Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar