TTS (Teka-Teki Silang)

Suatu waktu aku melihat salah satu siswa bingung dan kesulitan ketika salah satu guru memberikan tugas untuk membuat TTS (Teka-Teki Silang). Aku melihat ia membuat dengan susah payah, ganti sana, ganti sini. Kasihan, begitu batinku.

Dari rasa kasihan dan penasaran inilah, maka aku berupaya untuk mencari cara bagaimana paling cepat dan tepat membuat TTS. Aku mulai browsing di google. Dan ternyata banyak cara yang dapat dilakukan apabila kita ingin cepat membuat TTS. Namun dari banyak cara itu aku rangkum menjadi 2 cara umum, yakni :

1. Membuat TTS dengan free software yang dapat didownload di Internet.
Tersedia banyak sekali free sofware yang tersedia di internet, sehingga kita tinggal download saja. Software itu menyediakan cara dari yang sederhana sampai cara yang paling kompleks. Namun penggunaan software benar-benar memudahkan kita dalam membuata TTS, daripada dibuat secara manual. Mau download contoh softwarenya klik di sini !.

2. Membuat TTS dengan free website yang tersedia di Internet.
Ada banyak free website yang dapat dipakai untuk membuat TTS, misalnya : puzzle-maker.com.  Di web ini, kita lebih mudah membuat TTS, tinggal mengisi jawaban dan isiannya maka TTS akan jadi dengan sendirinya. Gampang kan.

Oleh sebab itu, bagi siswa, ataupun guru yang ingin membuat TTS, dapat menggunakan 2 cara diatas. Bagi guru, tugas membuat atau mengerjakan TTS dapat memvariasi pola pengajaran yang dilakukan. Bagi siswa, TTS bisa juga sebagai media untuk hiburan kalau kita sedang bosan. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar