Cara agar Dokumen Word tidak bisa diedit/dicopas

Gbr. Protection
Ide cari ini berawal dari keinginanku untuk share materi KTI di blog. Dari statistik yang aku lihat di daspor, aku lihat ada 3 ranking teratas orang pada buka blogku, yakni : buka TTS, Karya Tulis Ilmiah, dan soal ujian semester 2. Dari dasar ini, aku upayakan membuat pembahasan KTI menjadi lebih baik. 

Keinginanku ini, membuat aku harus mencari beberapa file word yang sesuai untuk diupload agar orang yang berkunjung ke blogku dapat memanfaatkannya. Ada beberapa file yang penting yang aku rasa boleh dilihat tapi tidak boleh diedit. Hal ini menyebabkan aku mulai mencari cara agar bisa memprotek file word agar tidak sembarangan dimanfaatkan orang. 

Setelah aku cari berbagai cara di mbah google, akhirnya aku temukan beberapa cara, yakni : 
1. Password dibuat untuk menghindari orang membuka file kita. Sehingga, orang hanya akan dapatkan file Word, tapi tidak bisa dibuka, karena sudah diprotek oleh pembuatnya. 
2. Protek dilakukan di filenya. Pada jenis ini, orang bisa membuka file word, namun ia tidak dapat mengedit atau mengotak atiknya. 
Pada sesi kali ini, saya akan membahas cara memprotek dokumen Word yang kedua, yakni membuat dokumen Word tidak bisa diedit atau di copy paste (copas).

Buka dokumen Microsoft Word Anda dan klik menu Review kemudian klik Protected Document, maka akan muncul jendela kecil di sebelah kanan dokumen Word Anda. 

Gbr 1. Review _Protect dokument


















Klik Restrict Formatting and Editing (office 2007).  Klik Editing Restricting, cek list di bagian Allow only this type of editing in the document. Pilih Filling in Form. Kemudian Klik Yes, Start Enforsing Protection.


Gbr.2 Restrict Formating and Editing

















Akan terlihat perintah untuk memasukkan pasword dan confirm, isi dengan pasword yang mudah diingat ya..Setelah selesai di klik OK.

Gbr.3 Mengisi Password



















Gbr.4. Hasil akhir setelah klik OK pada pasword dan confirm


















Setelah selesai, silahkan dicoba diedit...apakah bisa atau tidak ? Semoga berguna.

1 komentar:

  1. Waaahh tq pak nambah ilmu, bdw yg tips ngerjain soal Ujian Nasional yang very fast gmna pak ?

    BalasHapus