Paguyuban vs Patembayan


Ada beberapa tipe dari kelompok sosial, salah satunya Klasifikasi menurut erat longgarnyaTipe ini melihat dari ikatan antara anggota. Kelompok sosial tipi ine dibedakan menjadi gemeinscaft dan gessellschaft.Klasifikasi ini dikemukakan oleh tokoh sosiologi Jerman Ferdinand Tonneis.Di Indonesia Prof. Mr. M.M Djojodigoeno menerjemahkan gemeinscaft dan gesellscaft menjadi paguyuban dan patembayan.

A.Gemeinshcaft (Paguyuban) 
Merupakan kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni.Bersifat alamiah dan kekal.
Bentuk-Bentuk gameinscaft menurut Ferdinand Tonneis: 
     1.  Gemeinschaft by blood (paguyuban karena ikatan darah)
Pada paguyuban jenis ini ikatan di antara anggota – anggota kelompok di dasarkan pada ikatan darah atau keturunan. Misal : marga, keluarga dsb.

2.  Gemeinschaft of place (paguyuban karena tempat)
Merupakan paguyuban yang terdiri dari orang – orang yang bertempat tinggal berdekatan sehingga dapat saling menolong. Atau prang-orang yang berasal dari tempat yang sama. Misal : RT, RW, Masyarakat Indonesia yang ada di Amerika dsb



   


  3.  Gemeinschaft of mind (paguyuban atas dasar ideologi)
Paguyuban jenis ini terdiri dari individu – individu yang memiliki jiwa dan pikiran yang sama karena ideologi yang sama. Misal : GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia), HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) dsb.

B.Gessellschaft (Patembayan) 
Merupakan ikatan lahir yang bersifat pokok untuk waktu yang pendek,strukturnya bersifat mekanis dan bersifat mekanis dan bersifat sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Atau kesatuan karena hobi yang sama. Misal : PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar